Breaking

Aplikasi Web Program Indonesia Pintar (PIP) Dit. PSMA


Pada Tahun 2016 ini, Direktorat Pembinaan SMA (Dit. PSMA) Ditjen Dikdasmen Kemdikbud tengah melanjutkan pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai salah satu program prioritas nasional dan arahan khusus dari Presiden RI bidang pendidikan. Salah satu implementasi PIP adalah pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 17,9 juta anak dengan penerima rentang 16 s.d 21 sebanyak 5,7 juta anak agar mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat Pendidikan Menegah.

Upaya mencapai tujuan tersebut Dit. PSMA telah melaksanakan dengan beberapa kegiatan antara lain :
  1. Sosialisasi dan sinkronisasi PIP
  2. Pendataan dan verifikasi calon penerima berbasis Dapodik
  3. Koordinasi pencairan dana dengan BNI sebagai bank penyalur, dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi, serta sekolah
Namun demikian hal tersebut dirasakan masih belum memenuhi tuntutan siswa/sekolah terutama dalam masalah pencairan/pengambilan dana yang terlambat, yang berakibat pencairan/pengambilan dana PIP SMA yang relatif lebih kecil .

Guna mengatasi hal tersebut, Dit PSMA saat ini tengah membangun sostem informasi PIP berbasis Aplikasi web Dit. PSMA dengan alamat : http://psma.kemdikbud.go.id/home/pip. Melalui cara ini diharapkan informasi pelaksanaan PIP terutama SK atau data siswa yang mendapat dana PIP dapat diketahui dan diterima lebih cepat dan akurat. Guna untuk mengakses halaman tersebut maka telah dikirimkan kode aktivasi/token melalui dinas pendidikan kabupaten/kota agar untuk dapat di sampaikan ke sekolah.

Adapun untuk panduan aktivasi akun Aplikasi PIP Dit. PSMA dapat dilakukan sebagai berikut :




Demikian informasi seputar SIM PIP Dit PSMA Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.